Perpanjangan Gratis BBN Di Samsat Depok Jhusus Untuk Pendaftar Di Bulan Juni 2012

0 komentar

Program biaya balik nama (BBN) kendaraan bermotor tampa dikenakan biaya yang diperpanjang hingga 31 Juli 2012 hanya diberlakukan khusus bagi wajib pajak yang mendaftar proses BBN di bulan Juni lalu. Program gratis BBN ini tidak berlaku bagi wajib pajak yang mengurus proses balik nama di bulan Juli 2012 ini. Demikian ditegaskan Kanit Samsat Kota Depok, AKP Argowiyono kepada wartawan, Selasa (3/7).
Menurut Kanit, untuk pemberlakuan BBN gratis hanya diberlakukan hingga 31 Juni 2012 saja, sementara kebijakan diperpanjang hingga 31 Juli 2012 hanya diberikan untuk proses pembayaran bagi wajib pajak yang mendaftar dengan batas akhir  30 Juni 2012. Perpanjangan program ini, kata Argo, dikarenakan perlunya proses pengurusan balik nama, seperti pencabutan berkas hingga pembuatan STNK baru. “Karena prosesnya butuh waktu, maka diberikan tenggang waktu hingga 31 Juli khusus bagi wajib pajak yang sudah mendaftar di bulan Juni.”terangnya.
Kasi PKB-BBNKB Samsat Depok, H.E Iwa Sudrajat melalu stafnya Nurul membenarkan bahwa program perpanjangan BBN gratis tersebut sesuai dengan surat edaran Dispenda Provinsi Jawa Barat tertanggal 28 Juni 2012 tentang Pelaksanaan BBNKB II untuk kendaraan bermotor mutasi masuk. Dalam surat edaran tersebut menyebutkan (point 2)   kepada  bagi wajib pajak yang telah melapor dan menyampaikan dokumen (BBN) mutasi masuk ke Samsat  paling lambat 30 Juni 2012, namun karena teknis pelaksanaannya memerlukan proses sehingga berdampak pada pembayarannya setelah 30 Juni 2012. Maka masih diberlakukan kebijakan pembebasan pokok dan sanksi administrative BBNKB kedua dan seterusnya dengan memperhatikan tanggal penyerahan dokumen mutasi masuk dari wajib pajak.”Jadi yang sudah mendaftar BBN pada bulan Juni, untuk pembayarannya masih gratis hingga 31 Juli 2012.”kata Nurul.
Sedangkan bagi wajib pajak yang mendaftar proses BBN 2 di bulan Juli ini, ujar Nurul sudah diberlakukan dan dikenakan biaya BBN 2. Nurul menambahkan animo masyarakat dalam program penggratisan BBN sangat tinggi. Sejak diberlakukannya program  ini 2 Januari hingga 30 Juni 2012 jumlah peminat bisa melebihi sekitar 50 hingga 60 persen dari proses biasa tampa adanya program gratis BBN.”Dalam sehari berkas yang masuk bisa mencapai 100-120 berkas.”tandas Nurul.(wandy)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Deddy Djumhana | Suwandi Sikun
Copyright © 2011. Samsat Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Deddy Djumhana
Proudly powered by Denard Pro Templet