Petugas Arsip Samsat Depok Kreatif dan Banyak Inovasi

0 komentar

Depok | Samsat Terkini

Upaya dan kerja keras kepolisian Samsat Depok dalam membenahi dan merawat arsip kendaraan bermotor nampaknya sangat maksimal. Ruangan arsip yang semula kurang tertata dan berantakan, kini terlihat rapih, terawat, dan makin nyaman.  Penerangan dan sirkulasi di ruangan arsip pun sangat memadai meskipun ketinggian rak arsip sudah mencapai sekitar tiga meter.”Ratusan ribu arsip ini kita rawat semaksimal mungkin agar tetap terjaga dan utuh. Susunan arsip di rak juga kita benahi sendiri dengan memaksimalkan ruangan yang sempit,”ujar Baur Arsip dan dokumen (arsdok) Samsat Depok, Aipda Sumadi,  kemarin.

Menurut dia, seluruh arsip yang tersimpan itu merupakan arsip kendaraan bermotor sejak tahun 1970 hingga sekarang. Ratusan arsip tua hingga kini ini masih dalam kondisi baik meskipun warna map 
sudah semakin memudar.”Kita lakukan peremajaan map arsip tua, dengan mengganti map baru. Semua kita lakukan dengan inisiatif sendiri.”terang Sumadi.

Sedangkan untuk penataan rak arsip, lanjutnya, dilakukan dengan memanfaatkan ruangan yang ada. Ketinggian rak yang semula dua meter, ditambah menjadi empat meter sehingga dapat menambah daya tampung arsip.”Ketinggian rak arsip juga memperhatikan faktor keamanan. Rak arsip kita buat sekokoh mungkin agar tidak membahayakan,”ungkapnya.

Mengantisipasi kerusakan arsip akibat rayap dan binatang lainnya, Sumadi menjelaskan dilakukan penyemprotan (fogging) dan penyuntikan anti rayap di ruangan arsip.” Semua disterilkan, mulai dari lantai hingga sudut ruangan,”tuturnya

Dari informasi yang dihimpun, jumlah arsip masuk setiap harinya mencapai 500 arsip terdiri dari arsip BBN I, dan mutasi masuk. Sedangkan arsip keluar hanya berkisar 80 berkas setiap harinya.”Setiap hari arsip semakin bertambah, karena itu kita siasati dengan memanfaatkan ruangan semaksimal mungkin,”tandas Sumadi.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Deddy Djumhana | Suwandi Sikun
Copyright © 2011. Samsat Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Deddy Djumhana
Proudly powered by Denard Pro Templet