Dalam
upaya memberikan layanan terbaik, managemen Samsat Cinere mencoba
terobosan baru dengan menyiapkan layanan Customer Service di ruang
tunggu pelayanan. Area customer servise dibuat sedemikian rupa sehingga
terkesan siap menyambut dan menerima segala keluhan wajib pajak.
Di meja
customer servise terpasang satu unit komputer yang bisa digunakan wajib
pajak untuk mengecek nominal pajak kendaraan yang akan dibayar. Namun
sayangnya, dari hasil pantauan tidak terlihat satu petugas pun yang
standby di loket customer servise tersebut."Kemana nih petugasnya, kita
mau ngecek pajak melalui komputer tapi ga ngerti caranya, seharusnya
ada petugas yang bisa ditanya,"ujar Heru salah satu wajib pajak
kebingungan saat ingin mengecek pajak kendaraannya melalui komputer di
customer service.
Menanggapi
hal itu, Pamin STNK Samsat Cinere Iptu Sri Ernawati membantah kalau di
loket customer servise tidak ada petugasnya. Menurut dia, setiap harinya
telah dijadwalkan satu orang secara bergantian baik dari kepolisian
maupun karyawan dari Dispenda untuk berjaga di loket tersebut."Petugas
selalu standby di loket, sudah kita jadwalkan setiap harinya, mungkin
saat itu sedang ada urusan lain,"jelas Erna.
Erna
menjelaskan layanan customer servise lebih dikhususkan pada pengecekan
pajak kendaraan. jadi, katanya wajib pajak diberi kemudahan untuk
mengecek sendiri nilai pajak kendaraan dengan memasukkan nopol
kendaraan."Tinggal memasukkan nopol saja di komputer itu, nanti akan
terlihat berapa nilai pajaknya,"tandasnya.