Ruang TNKB Samsat Depok Dijadikan Gudang Plat Nomor

0 komentar

Ruangan cetak Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) Samsat Depok kondisinya sudah tidak memadai. Pasalnya didalam ruangan berukuran 5x6 meter saat ini telah dipenuhi tumpukan stok TNKB yang belum terpakai, Empat mesin cetak, meja, dan alat kelengkapan cetak lainnya.Dari pantauan diruang TNKB terlihat seperti gudang. Tumpukan stok TNKB hampir memenuhi seluruh ruangan, bahkan tingginya hampir mencapai plafon ruangan. Petugas pun tidak leluasa untuk bergerak, karena ruangan sudah sangat sempit dan sumpek.
Menurut Baur Matrial TNKB Samsat Depok, Aipda Markuwat. Sudah selayaknya  dibuatkan gudang khusus untuk menyimpan stok TNKB, sehingga tidak menumpuk di ruang cetakan plat nomor dan mempersempit ruangan. Namun demikian, tegas Markuwat,  pihaknya tetap berupaya  melayani wajib pajak secara maksimal. Setiap harinya cetak plat nomor di Samsat Depok mencapai 300 hingga 400 pemohon plat nomor. Jumlah tersebut di dominasi untuk plat nomor kendaraan baru yang mencapai 200 plat nomor. Sedangkan sisanya sebanyak 100 plat nomor di peruntukkan bagi wajib pajak yang memperpanjang STNK lima tahun.
Saat ini, lanjut Markuwat, stok TNKB yang belum terpakai sebanyak 101292 plat. Terdiri plat kendaraan roda dua sebanyak 83.576 plat, dan plat kendaraan roda empat sebanyak 17.716 plat."Stok plat ini bisa untuk cadangan hingga enam bulan kedepan."ungkapnya.
Markuwat menambahkan, bagi wajip pajak yang ingin mengajukan plat nomor harus membawa surat tanda lunas pajak dari dispenda  dengan melampirkan  STNK aslinya,"Pengajuan plat nomor dilihat dari bukti pelunasan pajak, di kwitansi pelunasan tertera pembayaran plat,"katanya.
Sedangakan pengajuan untuk plat nomor plat nomor rusak dan hilang harus mengajukan ke Polda Metro Jaya . Hal itu dilakukan karena terkait dengan masalah setoran penerimaan bukan pajak, yaitu biaya pembuatan plat nomor asli yang berlogo wing lantas,"Wajib pajak harus memiliki plat nomor asli yang berlogo lantas, jadi jangan membuat plat nomor di pinggir jalan yang tidak berlogo,"jelasnya.(wandy)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Deddy Djumhana | Suwandi Sikun
Copyright © 2011. Samsat Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Deddy Djumhana
Proudly powered by Denard Pro Templet