Petugas Pengaduan Samsat Depok Selesaikan Permasalah WP
0 komentar
Depok - Sejak dioptimalkannya ruang pelayanan pengaduan di Samsat Depok. Beberapa wp merasa terbantu dalam mengatasi berbagai masalah khususnya kendala pengurusan administrasi STNK.
Seperti yang dialami Budi Mafreni wajib pajak dari kecamatan Sukmajaya. Budi merasa sangat terbantu oleh layanan petugas pengaduan Samsat Depok, H Joko yang dapat menyelesaikan permasalahannya.
Budi menjelaskan saat akan melakukan perpanjangan STNK kendaraan roda dua atas nama Saiful. Semua berkas seperti STNK, BPKB, KTP beserta formulir pendaftaran langsung dimasukkan ke loket pendaftaran sekitar pukul 09.00WIB. Namun ketika ditunggu hingga pukul 15.00 nama yang tertera didalam berkas sesuai BPKB yang diserahkan tidak juga di panggil oleh petugas kasir."Saya heran, kenapa sampai 5 jam belum juga ada panggilan,"ujar Budi kebingungan.
Akhirnya, kata Budi, saya komplain kepada petugas pengaduan yang diterima secara ramah oleh H Joko. Didalam ruangan pelayanan pengaduan, Budi menjelaskan apa yang menjadi permasalahannya. Diceritakannya bahwa berkas yang di urusnya dengan nama yang tertera di BPKB kenapa tidak di panggil-panggil. Setelah dilakukan pengecekan oleh petugas, ternyata nama tersebut tidak ada di data Samsat Depok. Padahal semua berkas telah telah masuk, namun petugas tetap menyatakan tidak ada baik secara tertulis dibuku tamu maupun buku lainnya."Kok berkas saya bisa hilang, padahal sudah dimasukkan ke loket pendaftaran,"ungkap Budi dengan muka pucat.
Budi menjelaskan karena berkas miliknya tidak ditemukan petugas pengaduan menyatakan siap bertanggung jawab untuk menemukan berkas miliknya dan ia pun disuruh kembali esok.
Terpikir kehilangan berkas, Budi pun berusaha mencari dirumah dan ternyata benar berkas tersebut ada dirumah,"Saya jadi malu, ternyata berkas atas nama Saiful tertukar dan ketinggalan dirumah. Ini jadi merepotkan petugas,"ujarnya.
Akhirnya pada Rabu, (9/12) berkas yang sesuai dengan STNK di proses dan dalam waktu 15 menit proses perpanjangan selesai,"Saya minta maaf dan salut atas pelayanan yang diberikan petugas pengaduan,"tandas Budi
Menanggapi permasalahan tersebut, petugas pelayanan pengaduan, H Joko menyatakan sangat senang bisa membantu wajib pajak. Hal ini merupakan kepuasan bathin dirinya."Kepuasan ini tidak terhingga nilainya mas,"ucap Joko di damping Paur STNK Iptu Daldiri dan Paur TU, Iptu H Irwansyah.