Jelang Lebaran, Samsat Cinere Waspadai Peredaran Uang Palsu

0 komentar

Mengantisipasi peredaran uang palsu menjelang hari raya Idhul Fitri, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jawa Barat Wilayah Depok II/Cinere mengingatkan petugas kasir untuk lebih waspada dan berhati-hati terhadap uang palsu yang digunakan untuk membayar pajak kendaraan."Petugas kasir kita ingatkan untuk lebih hati-hati meskipun mereka sudah mengetahui bagaimana mengantisipasi uang palsu."ujar Sudrajat Kacab Dispenda Provinsi Jabar Wilayah Depok II/Cinere, di ruang kerjanya, Kamis (25/7).
Menurut Ajat, antisipasi uang palsu sebenarnya sudah dilakukan sejak lama, baik oleh Dispenda maupun petugas dari Bank Jabar Banten (BJB)."Sudah lama kita antisipasi, sebelum petugas kasir diambil alih  oleh BJB."katanya.
Saat ini, ujar Ajat, penerimaan uang pajak kendaraan di Samsat Cinere telah diambil alih langsung oleh BJB. Jadi, jika ditemukan adanya uang palsu di kasir, maka petugas kasirlah yang harus bertanggung jawab."Dari dulu sudah seperti itu, kalau ada uang palsu maka petugas kasir yang harus menggantinya."terang Ajat.
Dikatakan ajat, sudah sejak empat tahun ini petugas kasir Samsat Cinere tidak menemukan adanya uang palsu. Hal itu disebabkan petugas kasir telah mengantisipasinya dengan melakukan 3D (Diterawang, Dilihat, dan Diraba) secara teliti. Selain meneliti secara manual, dilakukan pengecekan dengan menggunakan lampu ultra violet."Justru uang palsu banyak ditemukan bukan di bulan puasa, biasanya terselip diantara tumpukan uang. Tetapi cepat terdeteksi petugas kasir. Biasanya uang palsu berbentuk 100ribuan, dan 20ribuan."tandas Ajat.(wandy)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Deddy Djumhana | Suwandi Sikun
Copyright © 2011. Samsat Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Deddy Djumhana
Proudly powered by Denard Pro Templet