Kilas Balik Samsat Cinere

1komentar


Samsat Cinere sebelumnya adalah sebagai Samsat Pembantu dari layanan Samsat Kota Depok. Sarananya pun masih menggunakan dua lokal rumah toko (ruko) yang dikontrak selama empat tahun tepatnya ruko yang berada didepan gedung megah Samsat Cinere sekarang. Saat itu Samsat Cinere hanya diberi kewenangan untuk melayani proses perpanjangan STNK bagi masyarakat Depok yang berdomisili di dua kecamatan saja, yaitu kecamatan Sawangan dan kecamatan Limo, ditambah satu kelurahan Kecamatan Pancoran Mas, yaitu kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kota Depok.
Meskipun hanya melayani perpanjangan  satu tahunan saja, pengunjung Samsat Cinere tercatat  cukup banyak. Setiap harinya bisa melayani 100 sampai 150 Wajib pajak. Petugas dan pegawai Samsat Cinere pun jumlahnya masih sedikit.

Walaupun demikian petugas kepolisian di Samsat pembantu Cinere tetap berupaya melayani wajib pajak sebaik mungkin agar tidak ada komplain sesuai dengan visinya yaitu “Zero Complain”.
Wajib pajak yang datang ke Samsat pembantu Cinere kebanyakan hanya mengurus perpanjangan dan pengesahan STNK saja, sedangkan untuk mutasi, BBN I dan BBN II masih di layani Samsat Depok. Namun pelayanan pengurusan STNK di Samsat Cinere patut di acungkan jempol. Pasalnya prosesnya bisa lebih cepat dibandingkan dengan Samsat Depok. Proses pengesahan dan perpanjangan STNK di Samsat Cinere hanya membutuhkan waktu 10 menit. Wajar saja pada saat itu Samsat Cinere terkenal dengan image "Layanan cepat 10 menit"
Padahal sarana dan fasilitas computer yang dimiliki Samsat Cinere saat itu masih menggunakan komputer bekas yang sudah lama di pakai di Samsat Depok. lima unit computer tersebut terkadang sering error dan akhirnya mengganggu pelayanan. Samsat Pembantu Cinere saat itu dinahkodai oleh seorang perwira, yaitu Iptu Albon Hutabalian dengan dibantu sekitar 10 anggota berpangkat Bintara.(bersambung)...... 


Share this article :
 
Support : Creating Website | Deddy Djumhana | Suwandi Sikun
Copyright © 2011. Samsat Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Deddy Djumhana
Proudly powered by Denard Pro Templet