Pengecekan kegiatan dan mekanisme procedure dilakukan di masing-masing kelompok kerja (Pokja), Sarana dan prasarana gedung dan penanganan keluhan wajib pajak, serta berbagai inovasi yang dilakukan managemen Samsat Jakarta Utara antara lain layanan drive thru.
Kanit STNK Samsat Jakarta Utara, AKP Nurdin Dalle mengatakan seluruh pokja diperiksa secara menyeluruh oleh tim audit untuk mengetahui kinerja Samsat Jakarta Utara selama kurun waktu satu tahun. Selain itu, dilakukan pula pembahasan internal oleh pimpinan masing-masing (Top Management).
Menurut Nurdin, pemeriksaan dilakukan mulai dari pelayanan BBN I, BBN II, mutasi antar daerah dan pengesahan perpanjangan pajak tahunan dan lima tahunan.”Audit dilaksanakan selama satu bulan dan selesai pada Selasa (24/5).”ujar Kanit didampingi Pamin STNK Iptu Eri Siswadi, Selasa (24/5).
Dikatakan, pemeriksaan audit semacam ini memang sangat dibutuhkan guna mengetahui tingkat keberhasilan yang harus diperbaiki. Jangan sampai terlena dengan acuan sebelumnya, kita harus mampu merubah dari cepat menjadi lebih cepat lagi.”tuturnya.
Dalam pemeriksaan tersebut melibatkan seluruh unsure dari tiga instansi Samsat diantarannya Polri, Dispenda, Jasa Raharja, dan UPK Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD).(wandi)