Invosi
terus digulirkan management Samsat Depok yang bertujuan memberikan
kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Selain melakukan penambahan
beberapa sarana dan prasarana, Samsat Depok juga berusaha mencari pola
yang dianggap pas untuk mempersingkat pelayanan. Salah satunya dengan
merubah alur sistem pelayanan khususnya bagian cetak STNK.
Menurut
Kasi PKB-BBNKB Samsat Depok, H.E Iwa Sudrajat Msi. Perubahan alur sistem
pelayanan hanya terjadi pada bagian cetak STNK. Sebelumnya cetak STNK
disatukan dengan loket penyerahan STNK. Namun saat ini cetak STNK
dipisahkan tersendiri di sebelah loket kasir."Cetak STNK dipindah,
secara alur sistem sangat pas."ujar Iwa saat ditemui diruang kerjanya,
kemaren.
Sebelumnya, lanjut Iwa, proses penyerahan STNK selalu
menunggu
hasil cetak STNK Khususnya proses STNK perpanjangan lima tahunan dan
pendaftaran kendaraan baru. Hal itu sangat membuang waktu dan tidak
efisien. Karena itu, kata Iwa, setelah dilakukan pemindahan cetak STNK,
penyerahan STNK tidak menunggu lagi cetak STNK baru."Semua berkas telah
diselesaikan, jadi bagian penyerahan STNK menyerahkan saja. Tidak perlu
menunggu lama."tuturnya.
Pemindahan cetak STNK dinilai Iwa sangat
menghemat waktu dan tidak melanggar standar Operasional Prosedur
(SOP),"Kita mencoba inovasi yang lebih baik, dan ternyata hasilnya lebih
cepat."imbuhnya.
Selain itu, setelah dilakukan pemindahan bagian
cetak STNK, semua proses administrasi STNK bisa dilakukan serentak. Baik
perpanjangan setahun, daftar ulang lima tahunan, mutasi masuk, dan
pendaftaran kendaraan baru."sebelumnya kita hanya memprioritaskan bagi
wajib pajak yang melakukan perpanjangan satu tahunan dan lima tahunan
saja, sedangkan pendaftaran kendaraan baru proses cetak
STNK dijadwalkan secara khusus. Sekarang semuanya kita layani."tandas
Iwa.(wandy)