Apresiasi untuk Petugas dan wajib pajak Samsat Depok


Depok - Antusiasme para wajib pajak untuk mengurus administrasi dan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Samsat Kota Depok cukup membanggakan, hal itu terbukti dengan kehadiran para wajib pajak hingga mencapai ribuan orang. Selain itu, pelayanan yang diberikan aparat di jajaran Samsat Kota Depok juga sangat baik. Pelayanan yang diberikan sudah sepadan dengan kegairahan para wajib pajak. Mereka melayani, membimbing dan merespons segala kebutuhan wajib pajak melalui berbagai kebutuhan.
Keadaan seperti merupakan suatu modal sosial untuk menuju ke arah kesehjateraan bagi bangsa ini. Yaitu kesehjateraan yang ditandai oleh makin meningkatnya kesadaran warga akan kewajiban mereka membayar pajak kendaraan serta ditandai dengan sikap tanggap dalam melayani dari ketiga instansi tersebut.
Keadaan yang sudah harmonis seperti itu, seharusnya terus dikembangkan di internal jajaran Samsat Kota Depok . Seperti penerapan program Operasi Citra Pelayanan Polantas 2008 dan Operasi Simpatik jaya 2009 yang terbukti dapat menambah kegairahan dan kesadaran wajib pajak untuk membayar pajak.
Berdasarkan data yang dihimpun, pendapatan pajak kendaraan di Samsat Kota Depok pada akhir tahun 2008 telah melampaui target cukup signifikan hingga mencapai 117 persen. Target pendapatan tahun 2008 sebesar Rp.276.000.000.000.berhasil di lampaui dengan realisasi pendapatan mencapai Rp.333.803.848.880. Sementara realisasi pendapatan tahun 2009 tercatat sudah mencapai 35 persen. Terhitung sejak Januari hingga April 2009 pendapatan Samsat Depok telah mencapai Rp100.514.385.745.dari target yang ditetapkan sebesar Rp317 miliar.
Angka tersebut merupakan pencapaian terbesar dari Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Barat setelah Bekasi.
Tidak bisa di pungkiri, bahwa kerja keras yang dilakukan Kasubsi Samsat Kota Depok, Ajun Komisaris Polisi Sri Widodo beserta jajarannya ternyata dapat mempengaruhi kenaikan pendapatan Samsat Depok dari tahun ke tahun. Keberhasilan yang dicapai amat gamblang terlihat bahwa kerja cerdas yang inovatif dari Kasubsi menghasilkan dua kesuksesan sekaligus, yakni kesuksesan kuantitatif dan kualitatif.
Kesuksesan kuantitatif dibuktikan dengan kenaikan pendapatan pajak. Sedangkan kesuksesan kualitatif tercermin dari kegairahan luar biasa dari wajib pajak untuk membayar pajak dan pengurusan STNK lainnya.
Karena itu, apresiasi yang tinggi patut dialamatkan kepada para wajib pajak dan jajaran petugas samsat Depok. Terobosan seperti Operasi Citra Pelayanan Polantas 2008 dan Operasi Simpatik Jaya 2009 harus terus digalakkan agar rasio pendapatan pajak terus meningkat sehingga pembangunan infrastuktur dapat terus dirasakan masyarakat.
Sementara itu, Paur STNK Samsat Kota, Iptu Sugeng Daldiri menilai bahwa Keberhasilan pendapatan pajak Samsat Kota Depok dikarenakan pelayanan yang dilakukan petugas kepolisian Samsat Depok yang semakin profesional, semakin baik, cepat dan tepat waktu,"Keberhasilan mencapai target merupakan bukti telah terjadi peningkatan pelayanan."terang Sugeng.(Wandi)